Rabu, 26 Agustus 2009

Kabel Koaksial................



PENGERTIAN KABEL KOAKSIAL

Kabel koaksial merupakan salah satu jenis media transmisi yang digunakan untuk pengiriman daya listrik frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas, oleh karena itu kabel koaksial memiliki kapasitas kanal yang cukup besar.



kabel koaksial biasa disebut juga BNC (Bayonet Naur Connector)ATAU COAX kabel ini sering digunakan untuk kabel antena tv dan sering juga digunakan pada jaringan LAN




Ada dua jenis kabel koaksial yaitu :
  • 50 ohm untuk tranmisi digital
  • 75 ohm utnuk tranmisi analog

Kabel koaksial berfungsi sebagai penghubung seluruh komponen baik aktif maupun pasif pada jaringan koaksial dan secara bersama - sama mengirimkan sinyal RF ke pelanggan.

a. Kabel Express dan Feeder

Kabel koaksial dengan diameter besar biasa digunakan untuk menyalurkan sinyal pada jarak yang cukup jauh. Sedangkan kabel koaksial dengan diameter yang lebih kecil biasa digunakan untuk menyalurkan sinyal pada jarak yang dekat. Selain itu, ketika jumlah loss yang tinggi lebih disebabkan oleh rugi-rugi tap daripada rugi-rugi kabel itu sendiri.

b.Kabel Drop dan In-home

Kabel drop dan in-home yang biasa digunakan adalah kabel koaksial dengan konduktor pusat baja berlapis tembaga (copperplated steel). Dalam sistem kabel yang umum, hampir setengah dari keseluruhan panjang kabel, digunakan oleh kabel drop.

c.Amplifier

Amplifier adalah suatu perangkat aktif yang berfungsi untuk menguatkan sinyal RF sehingga tetap berada pada level yang dikehendaki.

d.Splitter

Splitter adalah perangkat pasif yangberfungsi untuk membagi sinyal. Penggunaan splitter disebabkan karena terbatasnya jumlah keluaran dan perangkat aktif (Amplifier), sehingga dengan penggunaan splitter arahpenggelaran kabel koaksial ke rumah-rumah pelanggan dapat diperbanyak.

e. Directional Coupler

Directional coupler merupakan perangkat pasif yang berfungsi sebagai pencabang pada jaringan koaksial. Prinsip kerja dari directional coupler ini hampir sama dengan splitter, yaitu pembagian sinyal masukan.

f. Tap

Tap adalah perangkat pasif yang berfungsi sebagai titik terminasi akhir dari jaringan koaksial sebelum disalurkan ke rumah rumah pelanggan.

g. Terminator

Terminator suatu perangkat yang berfungsi sebagai matching impedance atau penutup saluran yang tidak digunakan oleh user.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar